Wabah Yustinianus

Dari Tolololpedia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendera Uni Eropa Versi A. Widhi.png
Artikel ini mengandung unsur Eropa

Hati-hati jika anda berkunjung ke negara-negara Eropa, memuja Eurovision Group, menonton berita terbaru di Euronews Eurovision News, menonton pertandingan olahraga di Eurosport Eurovision Sports 1 dan Eurovision Sports 2, menonton UEFA Champions League, mendengarkan lagu-lagu Kontes Lagu Eurovision, makan pizza, kroket dan kawan-kawan, memakai ponsel Alcatel, Nokia dan kawan-kawan dan hal-hal lainnya yang berbau Eropa!

Bendera Yunani.png
Αυτό το άρθρο περιέχει στοιχεία της ελληνικής


Artikel ini, Wabah Yustinianus, mengandung aksen atau unsur Yunani.
Hati-hati jika anda berkunjung ke Athena, menonton Liga Super Yunani, menonton Olimpiade, menonton Giannis Antetokounmpo main basket, belajar mitologi Yunani kuno, makan moussaka, mengajak Rina Vovos jalan-jalan, atau hal-hal lain yang berbau Yunani.

Jika anda tidak suka negara ini, berteriaklah "THIS IS SPARTAAAAAAAAA" di atas gunung Olimpus.

حتوي هذه المقالة على لهجة عربية
كن حذرا إذا كنت قد تم إلى دبي، وبرج خليفة الذي يصعد باستخدام الحبل.
كما هو الحال في الشرق الأوسط وشمال أفريقيا.
Camel riding.jpg
Bendera Iran.png
Artikel ini mengandung Dinasti Safawiyah, Iran, dan Kesultanan Mughal


Hati hati artikel ini mengandung aksen Persia bukan Arab. ingin belajar bahasa Persia? silahkan belajar dengan Arash Labaf jika anda menemui orang Persia yang beragama Islam Syiah harap dibunuh karena mereka SESAT

Bendera Turki.png
Bu makale, Türkiye geliyor


Artikel ini, Wabah Yustinianus, mengandung unsur Turki.
Hati-hati jika anda berkunjung ke kota Istanbul dan Ankara, menonton Liga Turki, menonton kanal tipi TRT atau menonton sinetron Elif, mengajak Figen Alkan jalan-jalan atau hal-hal lain yang berhubungan dengan Turki.

Patung telanjang.png
ARTIKEL INI MENCANDVNC VNSVR ROMAVI

HATIII IIKA ANDA TERLIBAT DENCAN HALII IANC BERBAV ROMAVI, SEPERTI MEMPELAIARI SEIARAH ROMAVI, COLOSSEVM, IVLIVS CAESAR, SEBELVM MASEHI ATAV HAL LAINNIA IANC BERKAITAN DENCAN ROMAVI!

KALAV TIDAK SVKA AMA ROMAVI, SILAKAN ANDA BAKAR SEMVA BVKV SEIARAH MILIK PROTOCETVS.

Bendera Kazakhstan.png
ҚАЗАҚСТАН РЕСПУБЛИКАСЫСЫ!!!!.


Artikel ini, Wabah Yustinianus, mengandung aksen atau berunsur Kazakhstan.
Hati-hati jika anda menonton film Borat, menonton Astana Pro Team beraksi, mengajak Gulnur Khuzayeva jalan-jalan, menonton Sabina Altynbekova bermain voli, atau hal-hal lain yang berbau Kazakhstan.

Wabah Yustinianus adalah pandemik yang menyerang Kekaisaran Romawi Timur (Kekaisaran Bizantium), termasuk ibukotanya Konstantinopel, pada tahun 541–542 M. dan juga kekaisaran sassania Menurut penelitian, penyebabnya adalah Yersinia pestis, organisme yang menyebabkan penyakit pes. Pengaruh sosial dan kultural dari wabah ini dapat disamakan dengan Kematian Hitam. Dalam pandangan sejarawan abad keenam, cakupan wabahnya hampir seluruh dunia, terutama menyerang Asia Selatan dan Tengah, Afrika Utara dan Arabia, dan Eropa (di utara sejauh Denmark dan di barat sejauh Irlandia. Studi genetis mengarah pada Kazakhstan sebagai sumber penularan.

Sampai sekitar tahun 750, wabah ini kembali di tiap generasi di Mediterania. Gelombang penyakit juga berpengaruh terhadap masa depan sejarah Eropa. Sejarawan modern menamai wabah ini berdasarkan nama Kaisar Romawi Yustinianus I, yang berkuasa pada saat itu. Yustinianus I juga mengidap penyakit tersebut, namun merupakan satu dari sedikit orang yang berhasil bertahan hidup

penyebab penyakit[sunting]

penyakit ini disebabkan ketika yustinianus sang kaisar romawi timur sedang jalan jalan ke kazakhstan ia

hamster milik kaisar menyebarkan benih penyakit

membeli hamster berwarna hitam dari salah satu pedagang ternyata pedagang itu adalah nenek moyangnya norman kamaru akhirnya hamster itu dibawalah ke kerajaan sesampainya di kerajaan ternyata hamster ini terkena penyakit pes dan menginggit sang kaisar sang kaisar lalu sakit dan HACUH oenyakit ini pun menyebar ke seluruh konstatinopel dab bahkan negara negara lain membunuh sekitrar 50 juta orang dan menghalangi expansi romawi ke barat wabah ini sama aja dengan black death