Ukraina

Dari Tolololpedia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendera Ukraina

Ukraina adalah negara di sebelah Rusia yang serumpun, tapi ukurannya lebih kecil. Orangnya juga sama, tapi jelas lebih alay dibanding tetangganya, Rusia. Mereka suka alay dalam menulis, menggambar dan melakukan sesuatu termasuk nonton tv, naik mobil dan berjalan. Ukraina pernah dipimpin oleh Viktolol Weird Al Yanukovich.


Sejarah[sunting]

Ukraina sudah ada sejak abad pertama Masehi. Dulunya merupakan tanah yang gersang. Namun, berkat kerja keras warga setempat, Ukraina menjadi subur dan menjadi keranjang roti. Dari abad ke tiga, Ukraina telah dikuasai oleh Rusia selama berabad-abad. Saat abad pertengahan, Ukraina sempat ditaklukan oleh bangsa Mongol. Pada abad ke 20, Ukraina menjadi anakan Rusia dan bergabung di Uni Soviet selama 70 tahun sampai merdeka. Ukraina juga pernah menjadi tempat meledaknya reaktor nuklir Cherrybelle Chernobyl akibat kelebihan asam laknat dan bom seks.

Budaya[sunting]

Artikel utama: Budaya Ukraina

Sekumpulan telur Paskah tradisional Ukraina – pysanka. Motif-motif desain pada pysanky berasal dari kebudayaan Slavia.

Rushnyk, sulaman khas Ukraina Adat istiadat Ukraina sangatlah dipengaruhi oleh Gereja Ortodoks, agama yang dominan di negara ini.[75] Peran gender juga cenderung lebih tradisional, dan kakek-nenek memainkan peran lebih besar dalam membesarkan anak-anak, dibandingkan dengan Barat. Budaya Ukraina dipengaruhi oleh tetangga barat dan timurnya, tercermin dalam arsitektur, musik, dan seni.

Era Komunis memiliki efek yang cukup kuat pada seni dan tulisan Ukraina.[76] Pada tahun 1932, Stalin membuat kebijakan negara realisme sosialis di Uni Soviet ketika dia mengumumkan dekret "Rekonstruksi Organisasi Sastra dan Seni". Ini sangat menghambat daya cipta. Selama dasawarsa 1980-an, glasnost (keterbukaan) diperkenalkan dan para seniman dan penulis Soviet lagi-lagi menjadi bebas mengemukakan keinginan mereka.[77]

Tradisi telur Paskah, yang dikenal sebagai pysanka, memiliki akar budaya yang panjang di Ukraina. Telur-telur ini dilukisi lilin untuk membentuk pola; kemudian, pewarna dioleskan untuk memberi telur warna yang menyenangkan, pewarna tidak mempengaruhi bagian telur yang sebelumnya dilapisi lilin. Setelah seluruh telur dicelup, lapisan lilin terlepas dan hanya menyisakan pola warna-warni. Tradisi ini berumur ribuan tahun, dan mendahului kedatangan agama Kristen ke Ukraina.[78] Di kota Kolomyia di dekat kaki bukit Pegunungan Carpathia pada tahun 2000 telah dibangun museum Pysanka yang meraih nominasi sebagai monumen Ukraina modern pada tahun 2007, bagian dari aksi Tujuh Keajaiban Ukraina.


Trivia[sunting]

  • PLTN Chernobyl meledak di Ukraina sehingga bekas bangunannya sering digunakan syuting Dunia lain karena banyak hantu korban & maklhuk jejadian(mutasi).
  • Berdialog dengan orang ukraina menggunakan kata "Krim" bisa menyinggung mereka seperti : Krim rambut, Es Krim, Krim Pie, Kopi krim, krim susu, Kriminal, dll. karena mereka akan mengacu pada "Crimea" (sebuah propinsi yg sekarang diklaim oleh Republik Putinesia).
  • Gamer yang paling sering berisik (setelah pinoys) di CS:GO dan DotA & sering memaki "CYKA BLYAT!! IDI NAHUI! CHEEKI BREEKI!" tidak semuanya orang rusia, melainkan kebanyakan orang ukraina.