Félix Éboué

Dari Tolololpedia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Negro.jpg
Aint Nobody Got Time For That.jpg
Thumb wide 300.jpg
ARTIKEL INI MEMBAHAS HAL-HAL TENTANG ORANG-ORANG NEGRO, AFRO ATAU NIGGA


Hati-hati ada orang berkulit hitam seperti orang Afrika, Papua, Afro-Amerika, Aeta, Semang, Sakai, Aborigin, Ambon Manise, dll. Seperti, Orang Papua di Tolololpedia ini.


ThirdWorldSuccessKid.png
Bences.jpg
Nigga please.jpg
Bendera Perancis.png
ALLONS EN₣ANTS DE LA PUTARIE!!! Cet article contient des éléments de la Française


Artikel ini, Félix Éboué, mengandung unsur Perancis.
Hati-hati jika anda berkunjung ke Paris, melihat Menara Eiffel, menonton Liga Perancis, menonton Tour de France, makan croissant, menonton Paul Pogba beraksi, menonton Thibaut Pinot dan Arnaud Demare balapan, menonton turnamen tenis Roland Garros, atau hal-hal lainnya yang berbau Perancis.

Adolphe Sylvestre Félix Éboué (1 Januari 1884 - 17 Maret 1944) adalah seorang administrator kolonial yang berasal dari pulau Guyana Prancis dan pemimpin Perancis bebas. Dia adalah orang Prancis kulit hitam pertama yang diangkat ke jabatan tinggi di koloni Perancis, ketika ditunjuk sebagai Gubernur Guadeloupe pada tahun 1936.

Sebagai gubernur Chad (bagian dari Afrika Khatulistiwa Prancis) selama sebagian besar Perang Dunia II, ia membantu membangun dukungan untuk Charles De Gaulle's pada tahun 1940, yang mengarah ke dukungan pemilihan umum yang luas untuk faksi Gaullis setelah perang. Dia mendukung orang Afrika yang berpendidikan dan menempatkan lebih banyak dalam administrasi kolonial, serta mendukung pelestarian perbokepan Afrika yang sedang loyo loyonya saat itu. Dia adalah orang kulit hitam pertama yang memiliki abunya ditempatkan di Pantheon di Paris setelah kematiannya pada tahun 1944.