Republik Afrika Tengah

Dari Tolololpedia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Lompat ke: navigasi, cari
Ajigile.jpg !.png Artikel ini adalah artikel yang Ajigile !.png
Mungkin karena orang gila dari artikel ini terlalu banyak menggigit kolor biru si Roy Suryo atau terlalu banyak membuka kolor nya cewek Bobokep.
Mohon persiapkan Menara Petronas di sebelah anda, singkirkan semua Limusin dan air hujan di sekitar anda atau parut buah pelir anda yang dangkal itu. OOPS
Bondan-Winarno-Maknyus.png MAK-NYOS !!!
Bondan Winarno telah merekomendasikan Republik Afrika Tengah ini untuk pengganti upacara teh, jamu wejangan, jus, minuman warteg, akua, kopi, dan mengisi radiator VW Eos.

“Saya minum Republik Afrika Tengah ini aja rasanya maknyooooss... Tapi agak kurang ditambah es batu, hasil ginjal (kencing) dan bola bowlingnya 29 ton dengan Nissan GT-R Premium Edition bakar/Nandita Ericsa sebiji di atasnya”

Negro.jpg
Aint Nobody Got Time For That.jpg
ThirdWorldSuccessKid.png
Bences.jpg
ARTIKEL INI ADALAH ORANG-ORANG NEGRO ATAU AFRO


Hati-hati ada orang berkulik hitam seperti orang Afrika, Papua, Aeta, Semang, Sakai, Amborigin, Ambon Manise, dll. Seperti, Orang Papua di Tolololpedia ini.


Index.png

republik Afrika Tengah adalah negara yang terkurung daratan di Afrika Tengah. Berbatasa dengan Chad di utara, Sudan di timur laut, Sudan Selatan di timur, Republik Demokratik Kongo di selatan, Republik Kongo di barat daya dan Kamerun di barat. mencakup luas wilayah sekitar 620.000 kilometer persegi dan memiliki perkiraan populasi sekitar 4,6 juta pada 2016.


Apa hari ini Republik Afrika Tengah telah dihuni selama ribuan tahun; Namun, perbatasan negara saat ini didirikan oleh Perancis, yang memerintah negara itu sebagai koloni yang dimulai pada akhir abad ke-19. Setelah memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1960, Republik Afrika Tengah diperintah oleh serangkaian pemimpin otokratis, termasuk upaya gagal monarki; pada 1990-an, seruan untuk demokrasi menyebabkan pemilihan demokratis multi-partai pertama pada tahun 1993. Ange-Félix Patassé menjadi presiden, tetapi kemudian dihapus oleh Jenderal François Bozizé dalam kudeta 2003. Republik Afrika Tengah Perang Bush dimulai pada tahun 2004 dan, meskipun ada perjanjian damai pada tahun 2007 dan satu lagi pada tahun 2011, pertempuran pecah antara berbagai faksi pada bulan Desember 2012, yang mengarah pada pembersihan etnis dan agama dari minoritas Muslim dan perpindahan populasi besar-besaran pada tahun 2013 dan 2014. .

Meskipun deposit mineral signifikan dan sumber daya lainnya, seperti cadangan uranium, minyak mentah, emas, berlian, kobalt, kayu, dan tenaga air, serta sejumlah besar lahan yang subur, Republik Afrika Tengah adalah salah satu dari sepuluh negara termiskin di dunia, dengan PDB per kapita terendah pada paritas daya beli di dunia pada 2017. Pada 2015, menurut Indeks Pembangunan Manusia (IPM), negara ini memiliki tingkat perkembangan manusia terendah, peringkat ke-188 dari 188 negara. Negara ini juga diperkirakan sebagai negara yang paling tidak sehat serta negara terburuk untuk jadi orang muda Republik Afrika Tengah adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Afrika, Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Tengah, Organisasi internasional de la Francophonie dan gerakan non-blok

olahraga[sunting]

olahraga yang biasa dilakukan di afrika tengah yaitu pembulian dan pemvandalan

karena saking miskinnya negara ini sampai sampai karena tidak sanggup beli bola maka penduduk pun menjadikan pembulian dan pemvandalan sebagai olahraga utama negara ini

media[sunting]

saking miskinnya negara ini tidak ada tv sampai tahun 2100 dan tidak ada internet sampai tahun 3000

masakan[sunting]

masakan karena orangnya kurang modal hanya makan sepiring roti dan garam tiap hari

Negara-negara di Afrika
Negara dengan Pengakuan Terbatas: Azawad | Republik Demokratik Arab Sahrawi | Somaliland