Perang Dunia I

Dari Tolololpedia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Lompat ke: navigasi, cari
Bendera Perancis.png
ALLONS EN₣ANTS DE LA PUTARIE!!! Cet article contient des éléments de la Française


Artikel ini, Perang Dunia I, mengandung unsur Perancis.
Hati-hati jika anda berkunjung ke Paris, melihat Menara Eiffel, menonton Liga Perancis, menonton Tour de France, makan croissant, menonton Paul Pogba beraksi, menonton Thibaut Pinot dan Arnaud Demare balapan, menonton turnamen tenis Roland Garros, atau hal-hal lainnya yang berbau Perancis.

Russian flag3.PNG
Эта статья содержит элементы русском


СРАЊЕ! Artikel ini, Perang Dunia I, mengandung unsur Rusia.
Hati-hati jika anda berkunjung ke kota Moskow, menonton VGTRK, menonton Liga Primer Rusia, menonton Ilnur Zakarin balapan, menyaksikan Andrey Arshavin bermain sepak bola, menonton konser Tatu, menonton Masha and the Bear, ngomong Russian Reversal, makan blini, minum vodka dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Rusia!
Di Rusia, halaman Perang Dunia I membaca kamu!

Bendera Jerman.png
Dieser Artikel enthält Elemente des Deutschen

Artikel ini, Perang Dunia I, mengandung unsur Jerman.
Hati-hati jika anda berkunjung ke Berlin, menonton Deutsche Welle, menonton Liga Jerman, melihat Julian Draxler beraksi, melihat Sebastian Vettel balapan, melihat Tony Martin dan Lennard Kämna balapan atau hal-hal lain yang berbau Jerman.

Bendera Inggris.png
This article contains the England element


Artikel ini, Perang Dunia I, mengandung unsur Inggris.
Hati-hati jika anda berkunjung ke London, menonton Liga Inggris, menonton GP Inggris di Silverstone, menonton konser U2, menonton Shaun the Sheep, menonton Chris Froome dan James Knox balapan, makan fish and chips dan scone, atau hal-hal lainnya yang berbau Inggris.

Bendera Belgia kentang goreng.png
Dit artikel bevat elementen België
Cet article contient des éléments Belgique
Dieser Artikel enthält Elemente Belgien


Hati-hati jika anda pergi ke Brussels, menonton Liga Belgia, menonton balap sepeda, melihat Topsport, menonton Eden Hazard bermain bola, menonton Greg Van Avermaet, Laurens Sweeck dan Wout van Aert balapan, makan kentang goreng, minum bir dan hal-hal yang berhubungan dengan Belgia!

Bendera Austria.png
Dieser Artikel enthält Elemente von Österreich.


Artikel ini, Perang Dunia I, mengandung unsur Austria. Hati-hati jika anda menonton F1 di Red Bull Ring, berkunjung ke Vienna, menonton Liga Austria, menonton Lukas Pöstlberger dan Felix Großschartner balapan atau hal-hal lain yang berbau Austria.

Negro.jpg
Aint Nobody Got Time For That.jpg
ARTIKEL INI MEMBAHAS HAL-HAL TENTANG ORANG-ORANG NEGRO, AFRO ATAU NIGGA


Hati-hati ada orang berkulit hitam seperti orang Afrika, Papua, Aeta, Semang, Sakai, Aborigin, Ambon Manise, dll. Seperti, Orang Papua di Tolololpedia ini.


ThirdWorldSuccessKid.png
Bences.jpg
Bendera Jepang.png
日本国


Konichiwa, Artikel ini berasal dari negara hentai ala Miyabi dari Japanese Wannabe.
Hati-hai kalo anda pergi ke Negeri sakura, anda pasti melihat cewek-cewek Jepang yang suka membugili sendiri.

Jika anda tidak menyukai negara ini, Jangan bugilin Amingwati, cewek-cewek Jepang aja dah, PANTEK!

Bendera Bulgaria.png
Тази статия съдържа елементи от България


Artikel ini, Perang Dunia I, mengandung unsur Bulgaria.
Hati-hati jika anda berkunjung ke kota Sofia, menonton Liga Bulgaria, makan atau minum yoghurt, mengajak Ekaterina Kadeva jalan-jalan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Bulgaria!

Bendera Turki.png
Bu makale, Türkiye geliyor


Artikel ini, Perang Dunia I, mengandung unsur Turki.
Hati-hati jika anda berkunjung ke kota Istanbul dan Ankara, menonton Liga Turki, menonton kanal tipi TRT atau menonton sinetron Elif, mengajak Figen Alkan jalan-jalan atau hal-hal lain yang berhubungan dengan Turki.

حتوي هذه المقالة على لهجة عربية
كن حذرا إذا كنت قد تم إلى دبي، وبرج خليفة الذي يصعد باستخدام الحبل.
كما هو الحال في الشرق الأوسط وشمال أفريقيا.
Camel riding.jpg

Sebelum Perang[sunting]

Masa ini adalah Masa Penyebab Perang. Penyebab Perang dikarenakan waktu itu ada Peneliti Gila yg bernama Roy Suvic yg menemukan benda tolol yg bernama Ember Pengubah Muka Jadi Ganteng.

tahanan perang dibunuh secara kejam

Sang Raja dari Haus Trio Macan pun mencoba memakai ember itu dengan memasukkan kepala ke ember, setelah memakai ember itu maka embernya tak bisa lepas dari kepala. Beberapa Keluarganya mencoba untuk melepaskannya, tetapi tidak lepas. Akhirnya Keluarga Raja Austria marah besar kepada pembuat Teknologi Ember ini, akhirnya Keluarga Raja mengirim Seekor Buaya Darat untuk menangkap Roy Suvic sekaligus dijadikan Jongos

Suatu hari, Sang Buaya Darat meNIKAH SIRIkan Permaisuri Raja Surabia (Bisa disebut Serbia atau Surabaya). Ketika itu Raja Memarahi Buaya Dan terjadilah percakapan:

“Untuk apa lo kesini! Kalo Mau Wisata, Ke Jamban Juga bisa kan!”

~ Raja Serbia kepada Buaya Darat

“Saya Diutus Untuk Mengejar Dan Menjadikan Suvic Jadi Penghibur, kArena Ia telah mencelakakan Raja Kami”

~ Buaya Darat kepada Raja

“Dia Itu Orang Alim (Idiih), Jangan Dibunuh (Ewww... Siapa yg ngebunuh dia). Kalo Kamu Mau Menangkap dia! Perangi dulu Negara Ane!”

~ Raja


Akhirnya Terjadilah Perang Serbia-Austria. Serbia akhirnya Kalah Dan Menanggung Biaya 1 Trilyun Milyar Juta Dolly serta Nangis Minta Bantuan q Rusia, Prancis Dan Inggris. Akhirnya Terjadilah Perang Besar Sejagad Raya yg bernsama PD I.namun ini hanyalah mitos dari roy suryo yang mengatakan bahwa artikel di atas 68% dusta yang benar adalah

Pada 28 Juni 1914, Franz Ferdinand, pewaris tunggal Kekaisaran Austro-Hungaria, mengunjungi ibu kota Bosnia, Sarajevo. Sekelompok pembunuh (Cvjetko Popović, Gavrilo Princip, Muhamed Mehmedbašić, Nedeljko Čabrinović, Trifko Grabež, dan Vaso Čubrilović) dari kelompok Yugoslavist Mlada Bosna, yang dipasung dengan senjata oleh Serbian Black Hand, berkumpul di jalan di mana iring-iringan mobil Archduke adalah untuk lulus, dengan maksud untuk membunuhnya. Tujuan politik dari pembunuhan itu adalah untuk memutuskan provinsi Slav Selatan Austria-Hongaria, yang Austria-Hongaria telah dianeksasi dari Kekaisaran Ottoman, sehingga mereka dapat digabungkan menjadi Yugoslavia.

Čabrinović melemparkan granat ke mobil, tetapi gagal. Beberapa orang di dekatnya terluka akibat ledakan itu, tetapi konvoi Ferdinand terus berjalan. Para pembunuh lainnya gagal bertindak ketika mobil melaju melewati mereka.

Sekitar satu jam kemudian, ketika Ferdinand kembali dari kunjungan di Rumah Sakit Sarajevo dengan orang-orang yang terluka dalam upaya pembunuhan, konvoi itu salah belok ke jalan di mana, kebetulan, Princip berdiri. Dengan pistol, Princip menembak dan membunuh Ferdinand dan istrinya, Sophie. Meskipun mereka dilaporkan tidak secara pribadi dekat, Kaisar Franz Joseph sangat terkejut dan kesal. Reaksi di antara orang-orang di Austria, bagaimanapun, adalah ringan, hampir acuh tak acuh. Sebagaimana yang ditulis oleh sejarawan Zbyněk Zeman, "peristiwa itu hampir gagal membuat kesan apa pun. Pada hari Minggu dan Senin (28 dan 29 Juni), orang-orang di Wina mendengarkan musik dan minum anggur, seolah-olah tidak ada yang terjadi." Namun demikian, efek politik dari pembunuhan ahli waris takhta itu signifikan, dan digambarkan oleh sejarawan Christopher Clark di BBC Radio 4 series Month of Madness sebagai "efek 9/11, sebuah peristiwa teroris yang didakwa dengan sejarah artinya, mengubah kimia politik di Wina.

invasi serbia[sunting]

untuk melihat artikel utama silahkan buka "invasi serbia perang dunia 1"[sunting]

Serbia di Perang Dunia I mulai diperangi mulai akhir Juli 1914, ketika kekaisaran Austria-Hongaria menyerbu Kerajaan Serbia pada awal Perang Dunia I, sampai pada akhir perang pada bulan November 1918. Bagian depan berkisar dari Sungai Danube hingga Makedonia selatan dan kembali ke utara lagi, dan itu menarik pasukan dari hampir semua kombatan perang.

Tentara Serbia sangat menurun menjelang akhir perang, jatuh dari sekitar 420.000 pada puncaknya menjadi sekitar 100.000 pada saat pembebasan. Perkiraan korban beragam: sumber-sumber Serbia mengklaim bahwa Kerajaan Serbia kehilangan lebih dari 1.200.000 penduduk selama perang (baik kerugian tentara maupun sipil), yang mewakili lebih dari 29% dari keseluruhan populasi dan 60% dari populasi laki-lakinya, sementara sejarawan barat menyebutkan angka itu pada 45.000 kematian militer dan 650.000 kematian sipil atau 127.355 kematian militer dan 82.000 kematian penduduk sipil. Menurut perkiraan yang disiapkan oleh pemerintah Yugoslavia pada tahun 1924, Serbia kehilangan 265.164 tentara, atau 25% dari semua orang yang dimobilisasi. Sebagai perbandingan, Prancis kehilangan 16,8%, Jerman 15,4%, Rusia 11,5%, dan Italia 10,3%.

front barat[sunting]

untuk melihat artikel utama silahkan buka "front barat (perang dunia I)"[sunting]

serangan dimulai ketika kekaisaran jerman menyerang belgia dan perancis yang merupakan bagian dari rencana licik schlieffen untuk merebut perindustrian porno strategis yang ada di belgia inggris yang tak terima industri bokep belgia dihancurkan langsung menyatakan perang terhadap jerman perang pun berlanjut sampai akhir perang dunia 1

front timur[sunting]

untuk melihat artikel utama silahkan buka "front timur (perang dunia I)"[sunting]

kekaisaran rusia yang tidak terima serbia difitnah dan diserang oleh austria-hungaria langsung menyerang jerman pun langsung membantu austria-hungaria dalam menghadapi rusia dan kekaisaran turki usmani juga menyerang rusia sehingga terciptalah beberapa medan pertempuran di eropa timur dan juga di timur tengah (teater timur tengah (perang dunia I))

front front lainnya[sunting]

juga terdapat beberapa pertempuran di luar kawasan eropa dan timur tengah antara lain

akhir perang dunia I[sunting]

perang dunia I dimenangkan oleh blok sekutu melawan blok sentral dan juga terjadi kemajuan yang pesat dibidang militer dan industri setelah perang terjadilah wabah influenza yang mematikan yaitu flu spanyol yang menewaskan 50-100 juta orang