Bantuan:Bahasa Jepang

Dari Tolololpedia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Lompat ke: navigasi, cari

Tolololpedia menggunakan standar pengkodean karakter yang disebut Unicode. Secara teori, aksara non-Latin di Tolololpedia dapat ditampilkan dengan benar oleh semua sistem operasi dan penjelajah web. Namun tidaklah demikian bila penjelajah web atau sistem operasi komputer Anda hanya dipasang untuk menampilkan huruf Latin. Makanya, kalo punya komputer jangan pinjem dari kakek buyutmu! Modal dikit kenapa sih!

Pada artikel Tolololpedia kadang-kadang ditemui aksara hentai CJK/Cina, Jepang, dan Korea (kebanyakan aksara Jepang sih) untuk menuliskan nama-nama sesuai tulisan asli dalam bahasa sumber. Jika Anda melihat kotak-kotak atau simbol-simbol, maka komputer Anda tidak memiliki huruf komputer untuk tulisan Tionghoa, Jepang, atau Korea. Makanya, udah dibilangin kalo punya komputer jangan yang jadul-jadul amat!

Cara memeriksa tulisan Cacing Tionghoa, Hentai Jepang dan Gay Korea[sunting]

Jika tulisan bahasa Jepang yang Anda lihat pada butir pertama terlihat sama dengan tulisan bahasa Jepang pada butir kedua, maka kemungkinan besar komputer Anda bisa menampilkan aksara Tionghoa, Jepang, dan Korea. Kalo enggak, berarti komputer anda itu udah perlu dibuang ke TPU dan diganti dengan yang baru! Kalo enggak, anda ganti aja OS-nya! (Jangan sombong jadi orang pake Macintosh, OS gagal permanent kayak gitu di banggain!)

1. Aksara Jepang pada situs web berbahasa Jepang dan Ansaikuropedia (Tolololpedia Jepang) akan terlihat seperti di bawah ini:

むかし、むかし、ある所におじいさんとおばあさんが住んでいました。
おじいさんは山へしば刈りに、おばあさんは川へ洗濯に行きました。
すると川上から大きな桃がどんぶらこ、どんぶらこと流れてきました。
喜んだおばあさんはその桃を背中に担いで帰って行きました。

2. Bandingkan dengan tulisan Jepang dalam bentuk gambar: Tulisanjepang.jpg

Kalo udah tau, ya udah! Sana, balik lagi ke Bapakmu! Untuk lebih lengkap tentang hal ini, tanyain aja ama Kaum Wikipedia.


    Wiki.png Artikel tentang Tolololpedia adalah tulisan rintisan. Anda harus ngebantu Tolololpedia untuk mengembangkannya.